| by | Filed under

Diperkenalkan di konferensi Google I/O 2016, Google Assistant awalnya hanya tersedia secara ekslusif untuk prangkat Android rancangan Google sendiri, yakni smartphone Pixel. Namun sekarang asisten virtual ini sudah membuka diri untuk smartphone Android di luar buatan Google.

Dalam MWC 2017 Februari kemarin, Google mengungkap bahwa mereka telah mulai memperluas cakupan layanan Google Assistant dan akan menyalurkannya melalui update pembaruan via OTA ke sejumlah smartphone Android lainnya.

Google Assistant

Tidak ada rincian kapan Google Assistant ini tersedia, namun yang layak mendapat layanan asisten virual ini dipastikan hanya smartphone Android yang memiliki Google Play Services serta menjalankan OS Android versi 6.0 (Marshmallow) dan versi Android 7.0 (Nougat). Selain itu syarat lain ialah smartphone yang bersangkutan sudah memiliki spesifikasi dengan minimum RAM 1,5 GB dan resolusi layar 720p (1.280 x 720 piksel).

Google Assistant untuk smartphone Android (diluar Google Pixel) nantinya lebih dulu akan tersedia bagi pengguna berbahasa Inggris di Negara Amerika Serikat, Australia, Kanada dan Inggris. Sementara bagi pengguna di daerah lainnya akan menyusul secara bertahap.

Sebagaimana di jelaskan sebelumnya oleh CEO Google, Sundar Pichai. Google Assistant sendiri merupakan teknologi asisten virtual yang menjadi pembaruan layanan dari Google Now. Mirip seperti Google Now, Google Assistant juga dapat menyajikan berbagai macam informasi yang diminta pengguna seperti informasi cuaca, peta, jadwal penerbangan, dan lain sebagainnya.

Hanya saja, untuk perbedaan Google Now dan Google Assistant terletak dari kecerdasannya. Google Assistant jauh lebih sempurna untuk hal fungsionalnya karena asisten virtual baru ini tidak hanya mampu menerima perintah saja, tapi juga mampu berkomunikasi secara dua arah terhadap pengguna.