| by | Filed under

Project smartphone murah rancangan Google yang ditujukan bagi masyarakat di negara-negara berkembang yakni Android One masih terus berlanjut. Untuk tahun ini, seri Android One terbaru akan kembali hadir dengan bekal spesifikasi yang sudah ditingkatkan.

Sebagaimana terungkap dalam ajang MWC 2017 beberapa waktu lalu, salah satu seri Android One yang sudah tampil unjuk gigi ialah smartphone General Mobile 6 (GM6) buatan manufaktur asal Turki, General Mobile.

Android One GM6

Dalam penampilannya, GM6 mengusung spesifikasi premium. Bentang layarnya berukuran 5 Inci dengan resolusi 720 x 1280 piksel serta dukungan perlindungan layar Google Glass 4. Smartphone ini memiliki dimensi 144 x 71,3 x 8,6 mm dan berat 150 gram.

Di sisi fotografi terdapat kamera belakang 13MP serta kamera depan 8MP yang sudah didampingi selfie flash. Untuk menunjang kemampuanya, GM6 menggunakan chipset MediaTek MT6737T dengan prosesor quad-core 1,5 GHz. Dibekali RAM 3GB dan memori internal berkapasita 32GB. Sumber daya-nya mengandalkan baterai 3.000 mAh.

Keistimewaan Android One ini terletak pada kelengkapan sensornya yang sudah dibekali sensor sidik jari yang terpasang pada tombol Home. Tidak kalah ketinggalan, sistem operasi nya pun juga menggunakan Android 7.0 Nougat dengan jaminan update langsung dari Google yang umumnya berlangsung selama 2 tahun bagi seri Android One.

Spesifikasi itu khusus Android One GM6 yang dipasarkan di Turki. Untuk wilayah lainnya spesifikasi Android One bisa saja memiliki perbedaan, meski tidak begitu mencolok. Ini karena dalam pembuatan smartphone di seri Android One, Google memang selalu menggandeng produsen smartphone yang berbeda-beda. Untuk Indonesia misalnya, Google sudah pernah bekerjasama dengan Evercoss, Mito, Nexian, dan Infinix untuk memasarkan Android One.